Leave a comment

Melihat Bumi Berubah Menggunakan Citra Satelit

Isu-isu global yang mengemuka di seantero bumi ini seperti terjadinya perubahan iklim, laju pertumbuhan penduduk yang menimbulkan berbagai ekses dimana salah satunya terjadinya perubahan peruntukan sebuah lahan, serta isu-isu lainnya, dapat kita lihat menggunakan data citra satelit. Perusahaan raksasa Google merupakan salah satu perusahan yang telah melakukan hal tersebut, dimana sejak tahun 2009 bekerja sama dengan pihak USGS, NASA, serta TIME, mereka membuat sebuah project yang bertujuan untuk melihat perubahan lanskap permukaan bumi selama hampir 30 tahun menggunakan data citra satelit Landsat, serta mengaitkannya dengan isu-isu global tersebut.

Dengan menggunakan teknologi Google Earth Engine, data citra satelit yang memiliki tampilan terbaik dari tahun 1984 sampai dengan tahun 2012 dipilih serta dikompilasikan untuk memperlihatkan perubahan yang terjadi pada permukaan bumi selama rentang tahun tersebut. Untuk memberi kemudahan kepada masyarakat dunia melihat hasil pekerjaan Google melakukan kompilasi data citra satelit tersebut, maka Google bekerja sama dengan pihak CREATE Lab di Carnegie Mellon University selaku penerima penghargaan Google Focused Research, membuat animasi data citra satelit hasil kompilasi tersebut yang dapat dilihat secara online, serta tampilan data-data citra satelit tersebut dibuat seamless supaya tampilan data citra satelit tiap tahunnya tampak selaras dari segi warna dan indah untuk dipandang. 

Dan berikut ini, gambar preview animasi data citra satelit hasil kompilasi dalam ukuran yang kecil yang dibuat dalam rentang antara tahun 1984 sampai 2012 (namun tidak semua data citra satelit tiap tahun-nya ditampilkan) :

 photo Columbia_400_zpsfa6fb055.gif

Gambar animasi diatas memperlihatkan bagaimana berkurang serta menipisnya Columbia glasier (glasier di Prince William Sound yang berada di pantai selatan wilayah Amerika Serikat) yang dikaitkan dengan isu terjadinya global warming.

 photo Las-Vegas-Urban-Growth_zps573c90de.gif

Gambar animasi diatas memperlihatkan bagaimana terjadinya perubahan penggunaan lahan dari waktu ke waktu di wilayah Las Vegas – Amerika Serikat, akibat semakin bertambahnya jumlah penduduk di wilayah tersebut yang meningkat 4 kali lipat (dari 500.000 penduduk menjadi 2 juta penduduk) dalam rentang waktu 30 tahun.

 photo Saudi-Arabia-Irrigation_zps51789bc6.gif

Gambar animasi diatas memperlihatkan bagaimana kawasan yang awalnya gurun di Arab Saudi berubah menjadi sebuah sistem irigasi untuk mengairi lahan pertanian di kawasan tersebut.

 photo Lake-Urmia-Drying-Up-1_zps0aaf8760.gif

Gambar animasi diatas memperlihatkan bagaimana Danau Urmia yang terletak di barat laut negara Iran menyusut lebih dari 60% selama rentang 27 tahun, dimana tingkat evaporasi pada danau tersebut sekitar 24 sampai dengan 31 inchi tiap tahunnya.

Untuk melihat hasil dari kompilasi data citra satelit yang lengkap dari tahun ke tahun (dari tahun 1984 sampai dengan tahun 2012) dapat kita lihat pada link berikut ini :

http://earthengine.google.org/

atau pada link berikut ini :

http://world.time.com/timelapse/#

Dengan melihat animasi-animasi dari perubahan yang terjadi dari “wajah” bumi yang kita tinggali ini, semoga menyadarkan semua pihak termasuk kita untuk merawat bumi ini lebih baik lagi sebelum efek buruk yang akan kita dan generasi mendatang rasakan jika perilaku buruk kita terhadap bumi masih kita lakukan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: