6 Comments

Fusi

citra satelit, gambar satelit, gambar permukaan bumi, gambaran permukaan bumi, gambar objek dari atas, jual citra satelit, jual gambar satelit, jual citra quickbird, jual citra satelit quickbird, jual quickbird, jual worldview-1, jual citra worldview-1, jual citra satelit worldview-1, jual worldview-2, jual citra worldview-2, jual citra satelit worldview-2, jual geoeye-1, jual citra satelit geoeye-1, jual citra geoeye-1, jual ikonos, jual citra ikonos, jual citra satelit ikonos, jual alos, jual citra alos, jual citra satelit alos, jual alos prism, jual citra alos prism, jual citra satelit alos prism, jual alos avnir-2, jual citra alos avnir-2, jual citra satelit alos avnir-2, jual pleiades, jual citra satelit pleiades, jual citra pleiades, jual spot 6, jual citra spot 6, jual citra satelit spot 6, jual citra spot, jual spot, jual citra satelit spot, jual citra satelit astrium, order citra satelit, order data citra satelit, jual software pemetaan, jual aplikasi pemetaan, jual pci geomatica, jual pci geomatics, jual geomatica, jual software pci geomatica, jual software pci geomatica, jual global mapper, jual software global mapper, jual landsat, jual citra landsat, jual citra satelit landsat, order data landsat, order citra landsat, order citra satelit landsat, mapping data citra satelit, mapping citra, pemetaan, mengolah data citra satelit, olahan data citra satelit

Data Olahan Citra Satelit WorldView-2 Wilayah Kota Daruba – Pulau Morotai

DAPATKAN DATA CITRA SATELIT WORLDVIEW-2 DENGAN KUALITAS TERBAIK & HARGA YANG KOMPETITIF DI MAP VISION INDONESIA

UNTUK PEMESANAN DAN INFORMASI LEBIH LANJUT DAPAT MENGHUBUNGI KAMI DI NOMOR TELEPON: 0857 2016 4965 | E-MAIL: mapvisionindonesia@gmail.com

“Ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk”, jika sebelumnya hadits tersebut banyak digunakan sebagai alibi oleh para maling sandal di masjid, maka hadits ini mungkin menjadi inspirasi bagi penemu teknik Fusi pada data citra satelit :D.

Fusi merupakan sebuah teknik penggabungan dua data citra satelit, antara data citra satelit panchromatic (hitam-putih) dengan data citra satelit multispektral (berwarna). Seperti kami bilang di awal tulisan, mungkin penemu teknik ini terinspirasi dengan hadits di atas, teknik ini mengambil kelebihan dari data citra satelit panchromatic yang mempunyai resolusi spasial yang biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan resolusi spasial data citra satelit multispektral. Akan tetapi data citra satelit panchromatic mempunyai kelemahan yaitu citranya berwarna hitam-putih, sehingga untuk mendapatkan data citra satelit yang mempunyai resolusi spasial tinggi miliknya data citra satelit panchromatic plus mempunyai warna yang natural punyanya data citra satelit multispektral, maka terciptalah ide mengenai Fusi ini.

Sebagai contohnya, data citra satelit panchromatic SPOT dengan resolusi spasial 2.5 meter dapat digabungkan dengan data citra satelit multispektral SPOT yang mempunyai resolusi spasial 10 meter, sehingga dihasilkan sebuah data citra satelit multispektral dengan resolusi spasial 2.5 meter (canggih kan, hehehehe …. :D). Fusi juga bisa dilakukan antara data citra satelit berbeda produk, contohnya kita bisa melakukan fusi antara data citra satelit Quickbird dengan SPOT, atau antara SAR dengan Landsat. Yang terpenting harus diperhatikan pada proses fusi ini adalah kedua citra satelit yang akan digunakan sudah sama-sama georeferenced, dalam artian semua data yang akan digunakan sudah memiliki proyeksi kebumian yang sama (UTM, Geographic, dll), dan kalaupun kedua citra tidak bergeoreferensi maka kedua citra harus mempunyai ukuran citra yang sama, area yang ter-cover benar-benar sama, dan ukuran pixel yang sama. Lah, kan resolusi spasial antara panchromatic sama multispektral yang akan dilakukan fusi kan beda, pasti kan beda juga ukuran pixelnya, kok ukuran pixelnya harus sama?, tenang aja karena pada software ENVI, ukuran pixel dari data citra satelit dapat diubah mengikuti ukuran pixel dan image dari data citra satelit panchromatic.

BACA JUGA:

1). Mosaick

2). Citra Satelit dengan Resolusi 31 cm

3). Natural Earth

4). Happy Birthday for QuickBird and WorldView-2

5). Citra Satelit Sebelum dan Sesudah Topan Haiyan

Dari pengalaman, software ENVI merupakan salah satu software yang cukup bagus dalam melakukan teknik Fusi ini. Cuman yang perlu diperhatikan ketika melakukan Fusi ini adalah ketersediaan space yang cukup besar pada hardisk komputer, karena prosesnya cukup panjang, dan hasil yang didapatkan pada satu tahapan proses dapat menghasilkan data yang lumayan besar dari sisi ukuran datanya. Banyak metode Fusi yang dapat digunakan pada software ENVI ini, mulai dari IHS (Intensity Hue Saturation), Brovey, Gram-Schmidt, dll, dan coba anda bandingkan perbedaan antara metode yang satu dengan metode yang lainnya.

Di bawah ini merupakan salah satu contoh data hasil dari penggunaan teknik Fusi, dimana data citra satelit panchromatic merupakan data citra SPOT dengan resolusi spasial 10 meter yang digabungkan dengan data citra satelit multispektral dari Landsat dengan resolusi spasial 28 m.

Fusion

Contoh Fusi Antra Citra Satelit Landsat dengan Citra Satelit SPOT (Sumber : ENVI)

Sebelah kiri: data citra satelit original dari Landsat dengan resolusi spasial 28 m

Sebelah kanan: data citra satelit multispektral hasil Fusi (dengan resolusi spasial 10 m)

Kunjungi terus blog ini untuk mengetahui perkembangan mengenai citra satelit.

POSTINGAN MENARIK LAINNYA:

1). Plot Data Titik Koordinat di Global Mapper

2). Stacking Data Citra Satelit di PCI Geomatica

3). Membuat Area Secara Otomatis di Global Mapper

4). [Tutorial] Copy-Paste Titik Koordinat Data Citra Satelit

5). Smoothing Data DEM

6 comments on “Fusi

  1. kami ingin mendapatkan informasi tentang buku-buku atau software pengolahan data citra satelit, boleh gratis gak ya ?

    • Kalau buku, sebenarnya untuk pengolahan data citra satelit belum banyak yang membuat dan biasanya itu tidak gratis. Tapi untuk belajar mas bisa googling aja, banyak artikel atau tutorial yang dibuat mengenai pengolahan citra satelit. Akan tetapi banyak hal-hal teknis seputar pengolahan citra satelit yang lebih rumit, tidak ditampilkan karena biasanya mereka akan memberikannya tidak gratis, dalam artian mas harus mengikuti kursus2 mengenai pengolahan citra satelit untuk mengetahui hal yang lebih tinggi lagi mengenai pengolahan data citra satelit. Kalau software pengolahan juga tidak ada yang gratis, seperti PCI, ENVI, ERDAS, Global Mapper, AutoCAD, dll …..

  2. Silahkan kunjungi juga blog ini, bagi anda yang mau belanja data citra satelit.

  3. langkah2 / tutorial cara fusinya mas, mohon bantuannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: