Leave a comment

Landsat Data Continuity Mission (Landsat 8)

Peluncuran Satelit Landsat Data Continuity Mission (Landsat 8). (C) NASA/Bill Ingalls

Peluncuran Satelit Landsat Data Continuity Mission (Landsat 8). (C) United Launch Alliance

Satelit generasi terbaru dari Program Landsat yaitu Landsat Data Continuity Mission atau nantinya akan dinamai dengan nama Landsat 8, hari Senin tanggal 11 Februari 2013, telah diluncurkan di pangkalan angkatan udara Vandeberg, California – Amerika Serikat. Satelit yang merupakan project gabungan antara USGS dan NASA beserta NASA Goddard Space Flight Center ini, menggunakan kendaraan pengangkut Atlas V 401 untuk “mengangkat” pesawat ruang angkasa buatan Orbital Sciences Corporation (bernama LEOStar-3) yang berisi berbagai instrumen dari satelit Landsat 8 ke luar angkasa.

Satelit Landsat 8 yang direncanakan mempunyai durasi misi selama 5 – 10 tahun ini, dilengkapi dua sensor yang merupakan hasil pengembangan dari sensor yang terdapat pada satelit-satelit pada Program Landsat sebelumnya. Kedua sensor tersebut yaitu sensor Operational Land Manager (OLI) yang terdiri dari 9 band serta sensor Thermal InfraRed Sensors (TIRS) yang terdiri dari 2 band.

Untuk sensor OLI yang dibuat oleh Ball Aerospace, terdapat 2 band yang baru terdapat pada satelit Program Landsat yaitu Deep Blue Coastal/Aerosol Band (0.433 – 0.453 mikrometer) untuk deteksi wilayah pesisir serta Shortwave-InfraRed Cirrus Band (1.360 – 1.390 mikrometer) untuk deteksi awan cirrus (bukan awan ciyus yah :D). Sedangkan sisa 7 band lainnya merupakan band yang sebelumnya juga telah terdapat pada sensor satelit Landsat generasi sebelumnya. Dan untuk lebih detailnya, berikut ini daftar 9 band yang terdapat pada sensor OLI.

9 Band Sensor OLI

9 Band Sensor OLI

Sedangkan untuk sensor TIRS yang dibuat oleh NASA Goddard Space Flight Center, akan terdapat dua band pada region thermal yang mempunyai resolusi spasial 100 meter.

2 Band Sensor TIRS

2 Band Sensor TIRS

Fungsi dari band thermal ini nantinya untuk pengukuran tingkat evapotranspirasi yang bermanfaat untuk pengelolaan air.

Kita tunggu saja hasil dari perekaman Satelit Landsat 8 ini, yang nantinya (sebagian besar) data hasil perekamannya akan bisa diunduh secara gratis di situs-nya USGS.

Galeri Satelit Landsat 8

Video Singkat Peluncuran Satelit Landsat 8

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: