Leave a comment

Ehancement Citra Satelit WorldView-1

Citra satelit resolusi tinggi yang menjadi prioritas pembelian pihak klien biasanya adalah citra satelit yang telah mempunyai format warna natural (3 band) seperti citra satelit QuickBird, WorldView-2, GeoEye-1, atau Ikonos. Hal tersebut dikarenakan citra-citra dalam warna natural tersebut memudahkan seorang intrepreter dalam melakukan interpretasi terhadap obyek-obyek yang terdapat pada citra satelit tersebut, terlebih lagi jika citra satelit tersebut dilakukan proses pengolahan pada tahapan penajaman dan perbaikan warna (enhancement) dari citra satelit original yang telah diorder, maka proses interpretasi akan semakin mudah dilakukan serta dari segi estetika tampilan citra satelit warna natural yang telah di enhance akan lebih enak untuk dilihat.

Namun terkadang masalah yang timbul adalah area yang hendak diorder tidak ter-cover oleh data citra satelit yang mempunyai warna natural tersebut dengan alasan citra warna natural tersebut mempunyai tutupan awan yang terlalu tinggi ataupun data-nya mempunyai usia perekaman yang terlalu “ tua”, sehingga mau tidak mau beralih pada citra satelit lain yang tersedia yang mempunyai tutupan awan rendah dan usia perekaman yang lebih “muda” semisal data citra satelit WorldView-1. Citra satelit WorldView-1 ini sendiri seperti yang telah kita ketahui hanya mempunyai 1 band sehingga warna yang dihasilkan adalah hitam-putih (monokrom). Dengan kondisi tersebut, interpretasi pada citra satelit WorldView-1 tidak akan semudah ketika melakukan interpretasi pada citra satelit lain yang mempunyai warna natural, ditambah juga dilihat dari segi estetika tampilan dari citra satelit WorldView-1 ini kurang enak dipandang (bagaikan melihat foto jadul yang masih berwarna hitam-putih).

Untuk mengatasi hal tersebut, terutamanya ditinjau dari segi estetika, perlu dilakukan proses enhance pada citra satelit WorldView-1 yang ditujukan agar warna hitam-putih pada citra satelit original dirubah warnanya menjadi warna dominan pada obyek-obyek yang terdapat pada data citra satelit WorldView-1. Misalnya saja, jika obyek pada data citra satelit WorldView-1 didominasi oleh kawasan hutan, maka warna citra satelit WorldView-1 diusahakan mendekati warna kehijau-hijauan atau jika  obyek yang mendominasi citra satelit WorldView-1 adalah kawasan pemukiman penduduk, maka warnanya diusahakan mendekati warna kemerah-merahan.

Sebagai contoh, berikut ini kami perlihatkan bagaimana hasil proses dari enhance data citra satelit WorldView-1, dimana warnya dibuat lebih kehijau-hijauan sesuai dengan warna obyek yang mendominasi area citra satelit WorldView-1 :

Gambar 1. Data Original Citra Satelit WorldView-1 Area Miau Baru, Kutai Timur

Gambar 1. Data Original Citra Satelit WorldView-1 Area Miau Baru, Kutai Timur

Gambar 2. Hasil Penajaman Kontras Warna dari Data Original Citra Satelit WorldView-1 Area Miau Baru, Kutai Timur

Gambar 2. Hasil Penajaman Kontras Warna dari Data Original Citra Satelit WorldView-1 Area Miau Baru, Kutai Timur

Gambar 3. Hasil Penajaman Kontras Warna serta Perubahan Warna (Dari Hitam-Putih ke Warna Kehijau-hijauan) dari Data Original Citra Satelit WorldView-1 Area Miau Baru, Kutai Timur

Gambar 3. Hasil Penajaman Kontras Warna serta Perubahan Warna (Dari Hitam-Putih ke Warna Kehijau-hijauan) dari Data Original Citra Satelit WorldView-1 Area Miau Baru, Kutai Timur

Gambar 4. Data Original Citra Satelit WorldView-1 Area Miau Baru, Kutai Timur Skala 1 : 2.500

Gambar 4. Data Original Citra Satelit WorldView-1 Area Miau Baru, Kutai Timur Skala 1 : 2.500

Gambar 5. Data Hasil Olahan Citra Satelit WorldView-1 Warna Kehijau-hijauan  Area Miau Baru, Kutai Timur Skala 1 : 2.500

Gambar 5. Data Hasil Olahan Citra Satelit WorldView-1 Warna Kehijau-hijauan
Area Miau Baru, Kutai Timur Skala 1 : 2.500

Gambar-gambar diatas memperlihatkan perbedaan antara data original dengan data hasil olahan citra satelit WorldView-1 area Miau Baru – Kutai Timur, dimana terlihat data hasil olahan dibuat lebih berwarna kehijau-hijauan karena obyek yang mendominasi area pada data tersebut yaitu areal hutan dan persawahan.

Sekian postingan kali ini, hope u enjoy this post and happy long weekend.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: