Leave a comment

Melihat Kerusakan Akibat Tornado via Citra Satelit

Bencana akibat terjangan tornado raksasa yang terjadi di Negara Bagian Oklahoma (USA) pada tanggal 20 Mei 2013 yang lalu, telah memakan korban yang cukup banyak jumlahnya, dimana tidak kurang 24 orang meninggal serta ratusan orang lainnya luka-luka akibat bencana ini. Selain itu, bencana yang dinyatakan sebagai bencana mematikan yang pernah dialami negara Amerika Serikat sejak tahun 2011 ini, telah mengakibatkan kerusakan sangat parah pada area-area yang dilewati oleh tornado tersebut. Tornado yang diperkirakan mempunyai kecepatan sekitar 320 km/jam tersebut, merusak hampir 4000 bangunan yang sebagian besar merupakan perumahan penduduk disamping bangunan lain seperti bangunan perkantoran, gedung-gedung sekolah, serta bangunan lainnya.

Kerusakan yang terjadi akibat tornado tersebut dapat kita lihat melalui citra satelit DigitalGlobe tanggal perekaman 22 Mei 2013, yang juga telah ditampilkan pada website Google Crisis Map. Dan berikut ini potongan-potongan dari data citra satelit yang memperlihatkan kerusakan tersebut yang dibandingkan dengan data citra satelit sebelum kejadian menggunakan data citra satelit dari CNES tanggal perekaman 29 April 2013 :

 photo PerumahanPenduduk_zps58363b84.gif

Gambar Animasi 1 – Perumahan Penduduk
(Sumber Potongan Citra Satelit : http://kfor.com/interactive-moore-tornado-before-and-after-images/)

Gambar animasi pertama diatas memperlihatkan bagaimana rusak parahnya rumah-rumah yang diterjang oleh tornado raksasa tersebut.

 photo Briarwood_Elementary_zps85c0c264.gif

Gambar Animasi 2 – Sekolah Dasar Briarwood
(Sumber Potongan Citra Satelit : http://americablog.com/2013/05/oklahoma-tornado-google-maps-before-after-images.html)

Gambar animasi kedua diatas memperlihatkan kondisi gedung sekolah dasar Briarwood yang hampir rata dengan tanah akibat “dilabrak” tornado raksasa, dimana akibatnya banyak anak-anak yang bersekolah di area tersebut mengalami luka-luka.

 photo Plaza_Tower_zps455df8cd.gif

Gambar Animasi 3 – Plaza Tower
(Sumber Potongan Citra Satelit : http://kfor.com/interactive-moore-tornado-before-and-after-images/)

Di Sekolah Dasar Plaza Tower ini, banyak anak-anak yang luka parah bahkan ada yang sampai meninggal akibat diterjang tornado.

 photo Moore_Oklahoma_zps23c0a6df.gif

Gambar Animasi 4 – Kota Moore, Oklahoma
(Sumber Potongan Citra Satelit : http://kfor.com/interactive-moore-tornado-before-and-after-images/)

Kota Moore sebelum dan sesudah diterjang tornado dapat dilihat pada gambar animasi keempat diatas. Dari gambar diatas dapat terlihat secara sekilas jalur yang dilalui oleh tornado tersebut.

Dengan penggunaan citra satelit pada musibah ini, banyak manfaat yang didapatkan seperti area-area mana saja yang mendapat kerusakan baik dari yang tidak terlalu parah sampai dengan yang paling parah secara cepat dan ekonomis tanpa harus pergi ke lokasi, selain itu secara sekilas kita dapat memperkirakan arah pergerakan dari tornado tersebut dilihat dari area mana saja yang mengalami kerusakan, dapat memperkirakan besar kerugian yang ditimbulkan, serta banyak manfaat lainnya.

Foto-Foto Terkait Bencana Akibat Tornado di Oklahoma

Sumber Gambar :

http://assets.nydailynews.com/
http://a.abcnews.com/
http://images.politico.com/
http://sylviagarza.files.wordpress.com/
http://i.huffpost.com/

Video Terkait Tornado di Oklahoma

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: