Leave a comment

Sentinel-2A

DAPATKAN DATA CITRA SATELIT SENTINEL-2A BESERTA PENGOLAHAN DAN MAPPING DENGAN HARGA YANG KOMPETITIF DI MAP VISION

UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT DAPAT MENGHUBUNGI KAMI PADA NOMOR TELEPON: 0857 2016 4965 | E-MAIL: mapvisionindonesia@gmail.com

Negaranegara yang ada di Benua Eropa boleh dibilang cukup kompak dan teroganisir dalam melakukan sesuatu hal. Di bidang ekonomi, kebanyakan dari negara-negara di Eropa yang tergabung dalam Uni Eropa menggunakan mata uang EURO, atau contoh terkininya bagaimana mereka secara kompak membantu “saudara”-nya yang tengah kolaps akibat gak bisa bayar hutang (walaupun “no free lunch” tentunya). Dalam dunia olahraga terutama sepakbola, mereka pun sangat teroganisir di bawah sebuah badan yang bernama UEFA. Begitu juga dalam dunia antariksa, mereka membuat badan antariksa yang diberi nama ESA (European Space Agency) yang mempunyai misi meningkatkan pengembangan dunia antariksa serta keberlanjutan investasi dalam dunia antariksa oleh negara-negara Eropa, dengan tujuan akhir yaitu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kepentingan negara-negara Eropa.

BACA JUGA:

1). Pleiades – Citra Satelit Resolusi Tinggi dari Eropa

2). Pleiades (0.5 Meter)

3). Purna Bakti Ikonos

4). Sayonara QuickBird

5). Melihat Aktivitas yang Merubah Wajah Bumi

Banyak proyek yang telah dan tengah dilakukan saat ini oleh ESA, salah satunya yang sedang dikerjakan saat ini yaitu proyek pengerjaan Satelit Sentinel. Proyek tersebut masuk dalam Program Copernicus – sebuah program observasi bumi yang cukup ambisius dari Komisi Eropa. Rencananya terdapat 6 seri Satelit Sentinel yang akan mengorbit di angkasa, dimana untuk Satelit Sentinel-1A telah berhasil mengangkasa pada tanggal 3 April 2014, kemudian yang paling baru – ESA telah berhasil meluncurkan Satelit Sentinel-2A pada tanggal 23 Juni 2015 yang lalu. Satelit Sentinel-2A sendiri nantinya tidak akan sendirian melakukan tugasnya untuk merekam permukaan bumi, karena tahun depan pasangannya yaitu Satelit Sentinel-2B akan ikut meluncur ke angkasa. Kedua satelit yang masuk ke dalam seri Satelit Sentinel-2 tersebut, mempunyai waktu revisit selama 5 hari.

Apa itu Sentinel-2?

Jika Satelit Sentinel-1A menghasilkan citra radar, maka Satelit Sentinel-2A menghasilkan citra optik multispektral yang mempunyai 13 band (band-band yang masuk ke spektrum visible, near infrared, shortwave infrared). Citra optik pertama berhasil disajikan 4 hari setelah satelit berhasil mengorbit atau tepatnya pada tanggal 27 Juni 2015.

citra satelit, gambar satelit, gambar permukaan bumi, gambaran permukaan bumi, gambar objek dari atas, jual citra satelit, jual gambar satelit, jual citra quickbird, jual citra satelit quickbird, jual quickbird, jual worldview-1, jual citra worldview-1, jual citra satelit worldview-1, jual worldview-2, jual citra worldview-2, jual citra satelit worldview-2, jual geoeye-1, jual citra satelit geoeye-1, jual citra geoeye-1, jual ikonos, jual citra ikonos, jual citra satelit ikonos, jual alos, jual citra alos, jual citra satelit alos, jual alos prism, jual citra alos prism, jual citra satelit alos prism, jual alos avnir-2, jual citra alos avnir-2, jual citra satelit alos avnir-2, jual pleiades, jual citra satelit pleiades, jual citra pleiades, jual spot 6, jual citra spot 6, jual citra satelit spot 6, jual citra spot, jual spot, jual citra satelit spot, jual citra satelit astrium, order citra satelit, order data citra satelit, jual software pemetaan, jual aplikasi pemetaan, jual pci geomatica, jual pci geomatics, jual geomatica, jual software pci geomatica, jual software pci geomatica, jual global mapper, jual software global mapper, jual landsat, jual citra landsat, jual citra satelit landsat, order data landsat, order citra landsat, order citra satelit landsat, mapping data citra satelit, mapping citra, pemetaan, mengolah data citra satelit, olahan data citra satelit, jual citra satelit murah, beli citra satelit, jual citra satelit resolusi tinggi, peta citra satelit, jual citra worldview-3, jual citra satelit worldview-3, jual worldview-3, order citra satelit worldview-3, order worldview-3, order citra worldview-3, sentinel, satelit sentinel, sentinel-2a, sentinel 2, sentinel-2b, satelit sentinel-2a, satelit sentinel-2b, citra pertama yang dihasilkan oleh satelit sentinel, satelit sentinel-1, satelit sentinel-1a, satelit sentinel-1b, sentinel-1, sentinel-1a, sentinel-1b, esa, program copernicus

Citra Satelit Pertama Hasil Perekaman Satelit Sentinel-2A
(Sumber Gambar: http://www.esa.int/spaceinimages/Images/2015/06/Northwest_Italy_and_southern_France)

Citra satelit pertama tersebut meng-cover Lembah Po di Italia, dibingkai oleh Pegunungan Alpen di bagian utara serta pegunungan yang berada di pesisir Italia dan Prancis pada bagian selatan.

Citra satelit yang dihasilkan oleh Satelit Sentinel-2A ini sendiri masih harus dikalibrasi selama masa pengujian awal – dimana proses kalibrasi ini memakan waktu sampai dengan 3 bulan – namun boleh dikatakan kualitas dari citra yang awal dihasilkan ini telah melebihi ekspektasi.

Direktur ESA Earth Observation Programmes, Volker Liebig, berujar bahwa Satelit Sentinel-2 (Satelit Sentinel-2A dan 2B) nantinya berfungsi untuk menyajikan data untuk kepentingan monitoring lahan, dan merupakan data dasar untuk penggunaan pada beragam aplikasi, mulai dari pertanian sampai perhutanan, dari monitoring lingkungan sampai dengan perencanaan perkotaan, serta beragam aplikasi lainnya.

Kita tunggu saja citra satelit lain yang akan dihasilkan oleh Satelit Sentinel ini, dan manfaatnya bagi beragam aplikasi pada kehidupan manusia.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Sentinel-2A
http://www.esa.int/About_Us/Welcome_to_ESA/What_is_ESA
http://www.esa.int/Our_Activities/Observing_the_Earth/Copernicus/Sentinel-2/Sentinel-2_delivers_first_images

POSTINGAN MENARIK LAINNYA:

1). [Tutorial] Stacking Data Citra Satelit Menggunakan QGIS

2). [Tutorial] Crop Data Citra Satelit Sesuai AoI di QGIS

3). [Tutorial] Membuat Slope di QGIS

4). [Tutorial] Kombinasi Band Data Citra Satelit Menggunakan SAGA GIS

5). QGIS (Gratis)

Leave a comment