Leave a comment

Citra Satelit Analisis Keberadaan Kim Jong Un

Kim Jong Un

Kim Jong Un Kembali Muncul ke Hadapan Publik Pada Tanggal 1 Mei 2020 untuk Meresmikan Pabrik Pupuk Fosfat, Setelah Sebelumnya Diisukan Meninggal Dunia
(Image Credit: AFP/YURI KADOBNOV)

DAPATKAN DATA CITRA SATELIT RESOLUSI SANGAT TINGGI WORLDVIEW-3 BESERTA PENGOLAHAN DAN MAPPING DENGAN HARGA YANG KOMPETITIF DI MAP VISION INDONESIA

UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT DAPAT MENGHUBUNGI KAMI PADA NOMOR TELEPON: 0857 2016 4965 | E-MAIL: mapvisionindonesia@gmail.com

Beberapa waktu yang lalu beredar isu terkait meninggalnya supreme leader Korea Utara, Kim Jong Un. Merebaknya rumor tersebut berdasarkan ketiadaan Kim Jong Un semenjak dilaporkan terakhir kalinya oleh media Pemerintah Korea Utara pada tanggal 11 April 2020 yang lalu ketika dia memimpin sebuah rapat. Setelahnya Kim Jong Un tidak terlihat lagi di hadapan publik, bahkan dia tidak menghadiri peringatan ulang tahun kakeknya yang sekaligus pendiri negara Korea Utara, Kim Il Sung, pada tanggal 15 April 2020.

BACA JUGA:

1). Walaupun Kecil, Gunung Api Ini Bisa Menimbulkan Bencana Lain yang Besar. Lihat Kenampakannya Pada Citra Satelit

2). Kota Ini Sekarang Bak Kota Hantu. Sepinya Dapat Dilihat dari Citra Satelit

3). DEM Gratis dari ESA

4). Satelit Sentinel-2B Siap Meluncur

5). Pleiades – Citra Satelit Resolusi Tinggi dari Eropa

Banyak spekulasi terkait isu penyebab meninggalnya Kim Jong Un, namun yang banyak beredar yaitu kegagalan operasi jantung menjadi pemicu meninggalnya diktator keji tersebut.

Seliweran isu tersebut akhirnya terbantahkan dengan kemunculan kembali Kim Jong Un di hadapan publik pada tanggal 1 Mei 2020, pada acara peresmian pabrik pupuk fosfat.

Lalu dimanakah keberadaan Kim Jong Un selama dia tidak tampil di hadapan publik?. Dari analisis data citra satelit resolusi sangat tinggi dari perusahaan Airbus Defence & Space, Planet Labs, dan Maxar Technologies, yang dilakukan beberapa pihak, Kim Jong Un diperkirakan berada di dekat Kota Wonsan – sebuah kota pelabuhan di bagian timur Korea Utara.

Dan berikut kenampakan data citra satelit yang digunakan untuk memprediksi keberadaan Kim Jong Un:

Citra Satelit Pleiades Kota Wonsan

Citra Satelit Pleiades dari Perusahaan Airbus DSTanggal Perekaman 15 April 2020
(Image Copyright: Airbus DS)

Citra Satelit Pleiades dari perusahaan Airbus DS di atas, memperlihatkan kondisi stasiun kereta api di Kota Wonsan, pada tanggal 15 April 2020. Terlihat tidak ada kenampakan kereta api yang berhenti di stasiun tersebut.

Citra Satelit dari Maxar Technologies

Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi dari Perusahaan Maxar TechnologiesTanggal Perekaman 21 April 2020
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Berselang 6 hari, pada tanggal 21 April 2020, terlihat dari data citra satelit resolusi sangat tinggi dari perusahaan Maxar Technologies, sebuah kereta api yang terdiri dari beberapa gerbong berhenti di stasiun kereta api yang berada di Kota Wonsan. Kereta api yang diperkirakan mempunyai panjang mencapai 250 meter tersebut, diyakini milik Kim Jong Un.

Citra Satelit Planet Labs

Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi dari Perusahaan Planet LabsTanggal Perekaman 23 April 2020
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Berdasarkan data citra satelit resolusi sangat tinggi dari perusahaan Planet Labs, terpantau pada tanggal 23 April 2020, kereta api yang sudah berada di sana semenjak tanggal 21 April 2020, masih terparkir di stasiun kereta api tersebut.

Citra Satelit Pleiades

Citra Satelit Pleiades dari Perusahaan Airbus DSTanggal Perekaman 15 April 2020
(Image Copyright: Airbus DS)

Dalam kenampakan pada area yang lebih luas lagi, terlihat juga dari data citra satelit bahwa pada tanggal 15 April 2020, tidak terdapat sebuah kereta api pada jalur kereta api di stasiun yang berada di Kota Wonsan.

Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi

Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi dari Perusahaan Maxar TechnologiesTanggal Perekaman 21 April 2020
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra satelit di atas memperlihatkan kenampakan berbagai objek di sekitaran komplek peristirahatan Kim Jong Un yang berada di Kota Wonsan.

Terlihat pada komplek tersebut terdapat bekas gedung yang digunakan pemimpin Korea Utara sebelumnya yang sekaligus ayah dari Kim Jong Un yaitu Kim Jong Il.

Tampak juga dari data citra satelit sebuah vila besar yang dibangun pada tahun 2014 serta vila-vila lain yang berukuran lebih kecil.

Tempat rekreasi, lapangan basket, serta sebuah teater sebagai sarana hiburan dan olahraga, juga terlihat berada di komplek tersebut.

Data citra satelit juga turut memperlihatkan sebuah pelabuhan beserta tempat berlabuh kapal pesiar milik Kim Jong Un yang tertutup, serta pantai pribadi yang dihalangi sebuah pembatas.

Kim Jong Un diperkirakan “mengungsi” ke tempat peristirahatannya di Wonsan menggunakan kereta api lapis baja, untuk menghindari paparan Virus Corona yang kabarnya sudah menjangkiti salah satu pengawal pribadi Kim Jong Un.

Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi

Data citra satelit yang digunakan dalam analisis untuk memperkirakan keberadaan Kim Jong Un selama tidak tampil ke publik termasuk dalam kategori citra satelit resolusi sangat tinggi yang mempunyai resolusi spasial antara 50 cm hingga 30 cm.

Citra Satelit Pleiades-1A ataupun Pleiades-1B dari perusahaan asal Prancis, Airbus Defence & Space, mempunyai resolusi spasial kelas 50 cm, yang terdiri dari 4 band dalam spektrum elektromagnetik cahaya tampak (visible) dan juga inframerah dekat (near infrared).

Citra satelit dari perusahaan asal Amerika Serikat, Maxar Technologies, seperti GeoEye-1, WorldView-1, dan WorldView-2, mempunyai resolusi spasial kelas 50 cm, sedangkan WorldView-3 mempunyai resolusi spasial kelas mencapai 30 cm (merupakan citra satelit komersial dengan resolusi spasial tertinggi saat ini).

Dalam kasus ini, kita dapat melihat bagaimana peranan data citra satelit resolusi sangat tinggi dapat diaplikasikan untuk bidang intelijen.

Cara Mendapatkan Data Citra Satelit

Anda dapat memperoleh data citra satelit resolusi sangat tinggi baik dari perusahaan Maxar Technologies, Airbus DS, KARI/SI Imaging Services, serta perusahaan lainnya, seperti yang digunakan dalam analisis keberadaan Kim Jong Un tersebut, melalui kami di Map Vision Indonesia.

Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan kami melalui nomor telepon (WA/SMS/Telepon): 0857 2016 4965 (INDOSAT) atau 0878 2292 5861 (XL), serta dapat juga melalui email: mapvisionindonesia@gmail.com atau cs@mapvisionindo.com.

Video Terkait:

Sumber Utama:
Melacak Keberadaan Kim Jong Un Lewat Citra Satelit. Diakses Tanggal 04 Mei 2020.

POSTINGAN MENARIK LAINNYA:

1). [Tutorial] Menampilkan Informasi Cuaca di QGIS

2). [Tutorial] Cara Memperoleh Anotasi di Google Maps

3). [Tutorial] Membuat Area Buffer dalam Beberapa Radius Menggunakan QGIS

4). [Tutorial] Membuat Animasi di QGIS

5). [Tutorial] Membuat Grid di QGIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: