Leave a comment

Citra Satelit Tunjukkan Jebolnya Bendungan di Michigan

Banjir di Midland - Michigan Akibat Jebolnya Dua Bendungan

Kondisi Banjir yang Terjadi di Midland, Michigan, Amerika Serikat
(Photo Credit: Kelly Jordan dan Junfu Han, Detroit Free Press)

DAPATKAN DATA CITRA SATELIT RESOLUSI SANGAT TINGGI WORLDVIEW-3 BESERTA PENGOLAHAN DAN MAPPING DENGAN HARGA YANG KOMPETITIF DI MAP VISION INDONESIA

UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT DAPAT MENGHUBUNGI KAMI PADA NOMOR TELEPON: 0878 2292 5861 | E-MAIL: mapvisionindonesia@gmail.com

Dua bendungan di Amerika Serikat yaitu Bendungan Edenville dan Sanford jebol akibat meluapnya Sungai Tittabawassee yang dipicu oleh badai dan curah hujan dengan intensitas tinggi yang berlangsung dalam beberapa hari.

BACA JUGA:

1). Banjir Terbesar dalam Sejarah Melanda Wilayah Ini

2). Longsor Besar di Myanmar

3). Citra Satelit Sebelum dan Sesudah Longsor di Wilayah Nepal

4). Citra Satelit Sebelum dan Sesudah Corona Melanda

5). Peta Sebaran Virus Corona dari John Hopkins University

Citra satelit resolusi sangat tinggi dari Maxar Technologies menunjukkan kenampakan sebelum dan sesudah jebolnya kedua bendungan tersebut:

Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi Sebelum dan Sesudah Jebolnya Bendungan Sanford

Gambar 1. Animasi Citra Satelit Sebelum dan Sesudah Jebolnya Bendungan Sanford
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Citra satelit di atas memperlihatkan kondisi sebelum dan sesudah jebolnya Bendungan Sanford. Terlihat bahwa bendungan tersebut sudah diterjang oleh luapan air dan mengalami kehancuran, kecuali bagian struktur dasarnya yang masih utuh.

Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi Sebelum dan Sesudah Jebolnya Bendungan Edenville

Gambar 2. Animasi Citra Satelit Sebelum dan Sesudah Jebolnya Bendungan Edenville
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Selain Bendungan Sanford, Bendungan Edenville pun mengalami kehancuran setelah luapan air  melumat bendungan tersebut. Keadaan bendungan sebelum dan sesudah ambrol dapat kita lihat pada Gambar 2 di atas.

Jebolnya kedua bendungan pada tanggal 19 Mei 2020 tersebut, menyebabkan banjir bandang besar dan membuat sekitar 11 ribu warga harus mengungsi.

Kondisi banjir yang melanda wilayah Michigan, Amerika Serikat, akibat runtuhnya kedua bendungan dapat kita lihat pada beberapa data citra satelit berikut ini:

Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi Wilayah Midland yang Terendam Banjir

Gambar 3. Citra Satelit WorldView-3 Wilayah Midland, Michigan, Amerika Serikat, Tanggal Perekaman 20 Mei 2020
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Dari data Citra Satelit WorldView-3 tanggal perekaman 20 Mei 2020 di atas, terlihat bahwa air pada Sungai Tittabawassee meluap dan membanjiri area di sekitarnya.

Citra Satelit WorldView-3 Area Universitas Northwood yang Terendam Banjir

Gambar 4. Citra Satelit WorldView-3 Area Universitas Northwood Tanggal Perekaman 20 Mei 2020
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Universitas Northwood merupakan salah satu tempat di Midland, Michigan, yang juga tidak luput dari terjangan banjir, seperti yang dapat dilihat pada Gambar 4 di atas.

Citra Satelit WorldView-3 Area SMU Windover yang Terendam Banjir

Gambar 5. Citra Satelit WorldView-3 Area SMA Windover Tanggal Perekaman 20 Mei 2020
(Image Copyright: Maxar Technologies)

Tempat belajar lain yang terekam dari citra satelit yang “dihajar” banjir yaitu area di sekolah SMA Windover, seperti yang terlihat pada Gambar 5 di atas.

Kenampakan banjir di Jalan Isabella, Midland, Michigan, nampak cukup mengerikan, dimana sebagian besar area yang terekam dari citra satelit tersebut sudah terendam oleh air.

Atas musibah yang terjadi ini, Gubernur Michigan, Gretchen Whitmer, menyatakan darurat banjir untuk wilayah Midland. Pada konferensi pers, Whitmer mengucapkan bahwa “Ini (banjir) tidak seperti yang pernah kita lihat di Midland County sebelumnya”.

Banjir yang terjadi mencapai ketinggian 2.7 meter ketika pertama kali dua bendungan tersebut jebol pada tanggal 19 Mei 2020, dan tersebut telah melampui ketinggian banjir yang selama ini terjadi di wilayah tersebut.

Keadaan banjir ini memang menjadikan kondisi warga semakin rumit, karena saat ini pun di Amerika Serikat, penyebaran virus Corona masih merajarela.

Sekilas Mengenai Bendungan Edenville

Bendungan Edenville dibangun pada tahun 1924 oleh Frank Isaac Wixom dengan tujuan untuk pembangkit listrik tenaga air serta pengendalian banjir.

Bendungan Edenville berada pada pertemuan antara Sungai Tittabawassee dan Sungai Tobacco di Mid Michigan, Amerika Serikat, dan membentuk Danau Wixom (dinamakan sesuai dengan nama pembuat Bendungan Edenville).

Bendungan tersebut sebelumnya dimiliki dan dioperasikan oleh Boyce Hydro Power, sebuah perusahaan yang berbasis di Edenville, yang juga memiliki fasilitas pembangit listrik tenaga air di Tittabawassee (Secord, Smallwood, dan Bendungan Sanford). Akan tetapi pada tahun 2018, Federal Energy Regalutory Commission (FERC) mencabut lisensi pengoperasian Boyce Hydro Power. Ketidakmampuan untuk melewati kemungkinan terjadinya banjir maksimal dan tujuh kegagalan lainnya menjadi penyebab dicabutnya lisensi tersebut.

Setelah pencabutan lisensi, Michigan Department of Environment, Great Lakes, and Energy (EGLE) mengambil alih pengoperasian Bendungan Edenville, dan pada tahun 2019 Four Lakes Task Force – sebuah satuan tugas yang beroperasi di bawah Four Lakes Assessment District di Negara Bagian Michigan, mengambil alih semua pengoperasian bendungan yang dimiliki oleh Boyce Hydro Power.

Sekilas Mengenai Bendungan Sanford

Berselang setahun setelah pembangunan Bendungan Edenville, pada tahun 1925, dibuat Bendungan Sanford yang masih berada di wilayah Michigan, Amerika Serikat.

Sama halnya dengan Bendungan Edenville, bendungan ini awalnya dimiliki dan dioperasikan oleh Boyce Hydro Power, sebelum lisensi perusahaan tersebut dicabut oleh FERC, dan saat ini pengoperasiaanya tengah diambil oleh Michigan Department of Environment, Great Lakes, and Energy (EGLE).

Video Terkait:

POSTINGAN MENARIK LAINNYA:

1). [Tutorial] Cara Memperoleh Anotasi di Google Maps

2). [Tutorial] Membuat Area Buffer dalam Beberapa Radius Menggunakan QGIS

3). [Tutorial] Membuka File Geodatabase di QGIS versi 3.x

4). [Tutorial] Membuat Slope di QGIS

5). [Tutorial] Kombinasi Band Data Citra Satelit Menggunakan SAGA GIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: