Leave a comment

[Tutorial] Cara Download Peta RBI Gratis

Cara Download Peta RBI Gratis

DAPATKAN DATA CITRA SATELIT RESOLUSI SANGAT TINGGI PLEIADES-1B BESERTA PENGOLAHAN DAN MAPPING DENGAN HARGA YANG KOMPETITIF DI MAP VISION INDONESIA

UNTUK INFORMASI LEBIH LANJUT DAPAT MENGHUBUNGI KAMI PADA NOMOR TELEPON: 0878 2292 5861 | E-MAIL: mapvisionindonesia@gmail.com

Saat ini kita dapat memperoleh data Peta Rupa Bumi Indonesia (RBI) dari Badan Informasi Geospasial (BIG) dengan gratis. Cara untuk memperolehnya dapat Anda simak melalui langkah-langkah berikut:

1). Silahkan klik link berikut:

https://tanahair.indonesia.go.id/portal-web

2). Setelah berada pada tampilan website tersebut, silahkan Anda daftar supaya dapat mengunduh (download) berbagai data yang berada pada website tersebut.

Daftar Website Tanah Air BIG

Gambar 1. Daftar di Website Tanah Air BIG

Untuk melakukan pendaftaran, klik tombol Masuk/Daftar (ditunjukkan oleh angka 1 pada Gambar 1), kemudian selanjutnya akan muncul sebuah pop up untuk masuk atau daftar ke website tersebut. Berikutnya klik tombol Daftar (ditunjukkan oleh angka 2 pada Gambar 1) untuk beralih ke jendela tampilan pendaftaran.

BACA JUGA:

1). [Download] Indeks Peta RBI Seluruh Indonesia

2). [Tutorial] Menghitung Luas dan Panjang Sebuah Data Vektor di QGIS versi 3

3). [Tutorial] Mengetahui Suhu Permukaan Laut dari Citra Satelit MODIS Menggunakan QGIS

4). [Tutorial] Membuat Efek Bayangan Pada Data Citra Satelit Menggunakan QGIS

5). [Tutorial] Menampilkan Informasi Cuaca di QGIS

Selanjutnya kita akan berada pada jendela tampilan pendaftaran, seperti terlihat pada Gambar 2 di bawah ini:

endaftaran di Website Tanah Air BIG

Gambar 2. Form Pendaftaran

Pada form pendaftaran, silahkan isi kotak isian yang tersedia, mulai dari nama depan (Firstname)(ditunjukkan oleh angka 3 pada Gambar 2), kemudian nama tengah (Middlename)(ditunjukkan oleh angka 4 pada Gambar 2) – jika Anda mempunyai nama tengah, selanjutnya nama belakang (Lastname)(ditunjukkan oleh angka 5 pada Gambar 2) – jika Anda mempunyai nama belakang. Jika bagian nama tengah (Middlename) dan nama belakang (Lastname) tidak isi, proses pendaftaran masih dapat dilakukan.

Pada bagian kotak isian Username (ditunjukkan oleh angka 6 pada Gambar 2), buat nama yang akan Anda gunakan ketika masuk ke website. Aturan pembuatan username harus dalam bentuk alfanumerik (kombinasi antara huruf dan angka) dengan minimal terdiri dari 6 karakter, sebagai contohnya: zidane85, 90ronaldo, dan lain sebagainya.

Pada bagian kotak isian Email (ditunjukkan oleh angka 7 pada Gambar 2), silahkan isi dengan email aktif yang Anda gunakan, karena nantinya link aktivasi pendaftaran akan dikirim ke email Anda.

Dan terakhir, silahkan Anda klik tombol SIGNUP (ditunjukkan oleh angka 8 pada Gambar 2) untuk menyelesaikan proses pendaftaran pada bagian form pendaftaran.

Jika proses pendaftaran sukses, maka nantinya link aktivasi akan dikirim ke email Anda. Silahkan cek email Anda, kemudian klik link aktivasi yang dikirimkan tersebut, seperti terlihat gambar di bawah ini:

Link Aktivasi Dikirim Ke E-mail

Gambar 3. Link Aktivasi

Setelah kita klik link aktivasi, kita akan dibawa menuju form aktivasi seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini:

Form Aktivasi Website Tanah Air BIG (2)

Form Aktivasi Website Tanah Air BIG (2)

Gambar 4. Form Aktivasi

Silahkan Anda isi kotak isian yang tersedia pada form aktivasi, mulai dari bagian dropdown list Choose Affiliation (ditunjukkan oleh angka 11 pada Gambar 4), untuk memilih profesi yang tengah Anda jalani saat ini.

Selanjutnya silahkan isi unit kerja Anda pada bagian kotak isian Working Unit (ditunjukkan oleh angka 12 pada Gambar 4), dan jabatan Anda pada kotak isian Position (ditunjukkan oleh angka 13 pada Gambar 4).

Pada bagian dropdown list Country, silahkan Anda pilih negara asal Anda, kemudian untuk dropdown list pada kotak isian di bawahnya, silahkan pilih provinsinya, dan pada bagian dropdown list pada kotak isian terakhir, silahkan pilih kabupatennya (ditunjukkan oleh angka 14 pada Gambar 4).

Pada bagian kotak isian Address (ditunjukkan oleh angka 15 pada Gambar 4), isi dengan alamat tempat tinggal Anda.

Pada bagian kotak isian Postal (ditunjukkan oleh angka 16 pada Gambar 4), isi dengan kode pas alamat tempat tinggal Anda.

Pada bagian kotak isian Phone (ditunjukkan oleh angka 17 pada Gambar 4), isi dengan nomor telepon Anda.

Pada bagian kotak isian Password (ditunjukkan oleh angka 18 pada Gambar 4), isi dengan password untuk website ini.

Pada bagian kotak isian Confirm Password (ditunjukkan oleh angka 19 pada Gambar 4), isi kembali dengan password yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Selesai melakukan pengisian, klik tombol ACTIVATE (ditunjukkan oleh angka 20 pada Gambar 4), untuk menyelesaikan proses aktivasi.

Jika proses aktivasi sudah berhasil, silahkan Anda klik tombol Login Now! (ditunjukkan oleh angka 21 pada Gambar 5), untuk beralih ke halaman login.

Proses Aktivasi di Website Tanah Air BIG

Gambar 5. Tombol Login Now! Untuk Beralih ke Halaman Login

Pada halaman login, silahkan Anda isi bagian kotak isian Username (ditunjukkan oleh angka 22 pada Gambar 6) dan kotak isian Password (ditunjukkan oleh angka 23 pada Gambar 6), sesuai dengan username dan password yang telah Anda buat sebelumnya pada form pendaftaran dan aktivasi.

Halaman Login Website Tanah Air BIG

Gambar 6. Halaman Login Website Tanah Air BIG

Selanjutnya klik tombol Masuk (ditunjukkan oleh angka 24 pada Gambar 6) untuk menyelesaikan proses login.

3). Download Peta AOI

Setelah melakukan pendaftaran dan aktivasi, berikutnya kita akan kembali beralih ke halaman awal website Tanah Air BIG, seperti ditunjukkan gambar di bawah ini:

Download Peta RBI per AOI atau NLP

Gambar 7. Download Peta RBI AOI

Untuk mengunduh (download) Peta RBI dalam bentuk vektor pada website ini, terdapat 3 opsi yaitu berdasarkan Area Of Interest (AOIarea yang kita buat) dan Nomor Lembar Peta (NLP), per wilayah kabupaten dan kota di Indonesia, serta pada wilayah yang terdampak bencana.

Untuk opsi yang pertama, kita akan mengunduh data Peta RBI berdasarkan AOI (area yang kita buat) dan berdasarkan NLP, dengan cara klik pada bagian menu Download | Peta AOI (ditunjukkan oleh angka 25 & 26 pada Gambar 7).

Setelahnya kita akan beralih ke website: https://portal.ina-sdi.or.id/downloadaoi/, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Download Peta RBI per NLP

Gambar 8. Download Peta RBI Sesuai NLP

Untuk cara pertama, kami akan download data Peta RBI berdasarkan NLP, oleh karena itu perbesar tampilan website sampai NLP yang hendak Anda download dapat terlihat jelas. Perbesaran tampilan website dapat Anda lakukan dengan cara scroll mouse komputer Anda ke arah depan, atau menggunakan tool zoom pada website tersebut (ditunjukkan oleh area yang dilingkari warna kuning pada Gambar 8).

Untuk memudahkan pencarian NLP pada Indeks Peta RBI yang hendak Anda download, sebaiknya Anda mempunyai terlebih dahulu Indeks Peta RBI, sehingga Anda mengetahui Nomor Lembar Peta (NLP) dari wilayah yang akan Anda download.

Anda dapat memperoleh Indeks Peta RBI pada link berikut:

https://citrasatelit.wordpress.com/download/indeks-peta-rbi-seluruh-indonesia/

Selanjutnya pilih NLP yang hendak Anda download dengan cara klik pada kotak grid NLP tersebut (ditunjukkan oleh angka 27 pada Gambar 8).

Berikutnya akan muncul jendela pop up menu yang menunjukkan informasi data Peta RBI pada kotak grid tersebut, mulai dari NLP, Sumber Data, dan lain sebagainya.

Pilih data pada Peta RBI yang hendak Anda download, dengan cara klik pada bagian ikon tiga titik mendatar (ditunjukkan oleh angka 28 pada Gambar 8), sehingga muncul pilihan berbagai data pada Peta RBI. Pada tutorial kali ini, kami akan mengunduh data Toponimi dalam skala 25 ribu (ditunjukkan oleh angka 29 pada Gambar 8).

Berikutnya akan muncul jendela tampilan pengaturan data yang hendak Anda download. Pada bagian Layers to Clip, pastikan data yang hendak Anda download sudah tercentang (ditunjukkan oleh area berwarna hitam pada Gambar 8).

Pada bagian Area of Interest, jika Anda ingin mengunduh seluruh data yang berada pada NLP yang telah dipilih, maka pastikan opsi Use the resultant feature(s) tidak Anda ubah (ditunjukkan oleh area yang ditandai warna biru pada Gambar 8). Namun, jika Anda ingin download data pada area yang ingin Anda buat sendiri, maka klik tombol X pada bagian Area of Interest, sehingga nantinya muncul beragam tool untuk membuat area sendiri, seperti ditunjukkan gambar di bawah ini:

Tool Untuk Membuat Area Sendiri

Gambar 9. Membuat Area Sendiri

Terlihat pada Gambar 9 di atas, terdapat tool untuk membuat area yang berbentuk segitiga, persegi/persegi panjang, lingkaran, elips, poligon, serta yang sesuai dengan gerakan tangan Anda pada mouse komputer. Jika Anda ingin menghapus area yang telah Anda buat, Anda tinggal klik tombol Clear (ikon tong sampah) yang berada di bagian paling kanan.

Selanjutnya pada bagian Feature Format, tentukan format data yang hendak Anda download. Pada kesempatan kali ini, kami menyimpannya dalam format Shapefile (.shp) (ditunjukkan oleh angka 30 pada Gambar 8).

Selesai melakukan pengaturan, klik tombol Execute (ditunjukkan oleh angka 31 pada Gambar 8), untuk mengakhiri pengaturan dan memunculkan link download data tersebut.

Sesudahnya akan muncul link download data, yang berada pada bagian tab Output, seperti ditunjukkan gambar di bawah ini:

Link Download Data

Gambar 10. Link Download Data

Klik link download (ditunjukkan oleh angka 32 pada Gambar 10), sehingga nantinya muncul kotak dialog download data tersebut, seperti ditunjukkan oleh gambar di bawah ini:

Simpan data hasil download di komputer Anda, dengan klik tombol radio Save File (ditunjukkan oleh angka 33 pada Gambar 11), kemudian klik tombol OK (ditunjukkan oleh angka 34 pada Gambar 11) untuk memulai proses download.

Data hasil download disimpan dalam folder yang telah dikompresi dengan format data .zip. Anda dapat melakukan ekstraksi terhadap format data tersebut dengan menggunakan software seperti 7-Zip, WinRAR, WinZip, atau software kompresi lainnya.

Dan berikut data hasil download (Toponimi 25K) dalam format shapefile (.shp) yang dibuka di software QGIS versi 3.12.3:

Tampilan Data Toponimi dari Peta RBI Skala 1:25 Ribu

Gambar 12. Tampilan Data Toponimi dari Peta RBI Skala 1:25 Ribu

Jika misalkan Anda kesulitan untuk menemukan wilayah yang datanya ingin Anda download karena tertutup kotak grid NLP, maka Anda dapat membuat tampilan kotak grid lebih transparan atau menghilangkan tampilan kotak grid, dengan cara sebagai berikut:

Transparansi Kotak Grid NLP Peta RBI

Gambar 13. Melakukan Transparansi Kotak Grid NLP

Pada bagian bawah tampilan website, terdapat berbagai menu, salah satunya adalah menu Layer List yang berisi layer data yang berada pada website.

Klik menu Layer List (ditunjukkan oleh angka 35 pada Gambar 13), sehingga muncul daftar layer berbagi data pada website.

Untuk melakukan transparansi data, klik pada bagian tombol tiga titik mendatar pada layer Indeks RBI dalam hal ini mempunyai nama data INDEKS DOWNLOAD – RBI 25K (ditunjukkan oleh angka 36 pada Gambar 13), sehingga muncul pop up menu pengaturan data. Pilih bagian Transparency (ditunjukkan oleh angka 37 pada Gambar 13), sehingga nantinya muncul pengaturan tingkat transparansi data. Atur tingkat transparansi data (ditunjukkan oleh angka 38 pada Gambar 13), dengan cara menggunakan slider atau tombol + (menambah tingkat transparansi data) atau tombol – (mengurangi tingkat transparansi data).

Hasil pengaturan tingkat transparansi data Indeks Peta RBI/kotak grid NLP dengan tingkat transparansi 50 persen, dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini:

ampilan Indeks RBI/Kotak Grid NLP yang Sudah Transparan

Gambar 14. Tampilan Indeks RBI/Kotak Grid NLP yang Sudah Transparan

Kita juga dapat menghilangkan tampilan indeks RBI/kotak grid NLP dengan cara sebagai berikut:

Tampilan Indeks Peta RBI Menghilang

Gambar 15. Indeks Peta RBI/Kotak Grid NLP Tidak Tampil Pada Website

Untuk menghilangkan tampilan Indeks Peta RBI/kotak grid NLP, hilangkan centang pada bagian layer data tersebut (ditunjukkan oleh angka 39 pada Gambar 15), sehingga nantinya Indeks Peta RBI/kotak grid NLP sudah tidak tampil pada website. Namun yang perlu diingat bahwa ketika hendak download data, tampilan Indeks Peta RBI/kotak grid NLP harus tampil pada website, untuk memilih kotak grid NLP mana saja yang hendak di download.

Kita juga dapat memasukkan data Area of Interest (AoI) yang kita miliki, dengan cara sebagai berikut:

Memasukkan AoI ke Website Tanah Air BIG

Gambar 16. Memasukkan AoI ke Website

Klik menu Add Data (ditunjukkan oleh angka 40 pada Gambar 16), hingga muncul jendela tampilan pengaturan Add Data.

Pada jendela tampilan pengaturan Add Data, klik tab File (ditunjukkan oleh angka 41 pada Gambar 16). Setelahnya, klik tombol Browse untuk memilih data AoI yang hendak kita masukkan pada website (ditunjukkan oleh angka 42 pada Gambar 16), hingga muncul kotak dialog File Upload.

Berikutnya, klik sekali pada data AoI yang kita miliki untuk memilih data AoI tersebut (ditunjukkan oleh angka 43 pada Gambar 16), sampai nama file yang telah kita pilih sudah berada pada kotak isian File name (ditunjukkan oleh area yang ditandai warna hitam pada Gambar 16). Dan terakhir klik tombol Open (ditunjukkan oleh angka 44 pada Gambar 16) untuk menyelesaikan pemilihan data AoI.

Format data AoI yang dapat dimasukkan ke dalam website yaitu shapefile (.shp) yang telah disimpan dalan satu folder dan dikompres dalam format .zip, kemudian format data CSV, serta format data KML.

Pada postingan kali ini, kami memasukkan AoI dengan format data KML. Hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini:

AoI Tampil di Website Tanah Air BIG

Gambar 17. AoI Tampil di Website

Terlihat dari Gambar 17 di atas, AoI yang kami pilih telah tampil pada website. AoI ter-cover oleh 6 kotak grid NLP.

Untuk mengunduhnya (download), sama dengan cara sebelumnya (jika terlupa, dapat dilihat penjelasan untuk Gambar 8 hingga Gambar 11), yang dilakukan satu persatu dari kotak grid NLP yang meng-cover AoI.

4). Download Peta Per Wilayah

Jika sebelumnya kita mengunduh (download) Peta RBI berdasarkan kotak grid NLP dan AoI yang kita miliki, maka terdapat opsi lain untuk mengunduh (download) Peta RBI yaitu berdasarkan wilayah kabupaten dan kota yang berada di Indonesia.

Untuk download data Peta RBI per wilayah, kita harus kembali ke jendela tampilan awal website (https://tanahair.indonesia.go.id/portal-web), kemudian pilih bagian menu Download | Peta Per Wilayah.

Selanjutnya kita akan beralih menuju jendela tampilan pengunduhan (download) Peta RBI per wilayah seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Download Peta RBI per Wilayah

Gambar 18. Download Peta RBI per Wilayah

Perbesar tampilan wilayah yang hendak kita download. Selanjutnya klik kanan pada mouse komputer pada wilayah yang hendak kita download (ditunjukkan oleh angka 45 pada Gambar 18), hingga muncul kotak dialog untuk mengunduh (download) Peta RBI di wilayah tersebut. Berikutnya pilih skala peta yang tersedia untuk wilayah tersebut pada bagian dropdown list Skala (ditunjukkan oleh angka 46 pada Gambar 18). Sesudahnya silahkan klik tombol download (ditunjukkan oleh angka 47 pada Gambar 18), sehingga muncul kotak dialog untuk menyimpan data hasil download.

Simpan data Peta RBI hasil download dengan klik pada bagian tombol radio Save File (ditunjukkan oleh angka 48 pada Gambar 18), kemudian klik tombol OK (ditunjukkan oleh angka 49 pada Gambar 18), untuk memulai proses download data.

Pada opsi download Peta RBI per wilayah ini, kita tidak dapat memilih data mana yang mau kita download, namun semua data yang tersedia di wilayah tersebut ikut diunduh (download), yang hasilnya dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini:

Data Shapefile RBI per Wilayah

Gambar 19. Data Peta RBI dengan Format SHP Hasil Download

Gambar di atas memperlihatkan sebagian data Peta RBI hasil download yang mempunyai format data shapefile (.shp).

5). Download Peta Siap Cetak

Selain dapat mengunduh (download) Peta RBI dengan format data vektor, pada website ini, kita juga dapat mengunduh Peta RBI siap cetak dengan format JPEG/PDF.

Kita dapat mengaksesnya klik pada bagian menu Download | Peta Cetak | RBI format jpeg/pdf.

Selanjutnya kita akan beralih menuju jendela tampilan pengunduhan (download) Peta RBI yang siap cetak, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Peta RBI Siap Cetak Skala 10 Ribu

Gambar 20. Data Peta RBI Siap Cetak Skala 10 Ribu

Pada bagian tampilan awal Peta RBI siap cetak dengan format jpeg/pdf, yang disajikan yaitu Peta RBI skala 1:10 ribu.

Pada Peta RBI skala 1:10 ribu, yang tersedia hanya wilayah BOPUNCUR (BogorPuncakCianjur) dan juga Kota Padang dan sekitarnya.

Dan berikut contoh tampilan Peta RBI skala 1:10 ribu format JPEG dengan nomor lembar peta 12091413:

Peta RBI Wilayah BOPUNCUR

Gambar 21. Peta RBI Format JPEG dengan NLP 12091413

Untuk beralih ke Peta RBI dalam skala yang lain (skala 1:25 ribu, 1:50 ribu, 1:100 ribu, dan 1:250 ribu), kita tinggal klik pada skala yang diinginkan (ditunjukkan oleh bagian yang ditandai oleh warna orange pada Gambar 20).

Untuk Peta RBI skala 1:25 ribu, yang tersedia yaitu wilayah Pulau Jawa, Bali, NTT, NTB, dan beberapa wilayah di Papua serta Sumatera.

Tampilan pengunduhan (download) Peta RBI skala 1:25 ribu mirip seperti tampilan pengunduhan Peta RBI dalam format data vektor yang diunduh (download) per kotak grid NLP, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

Peta RBI Siap Cetak Skala 25 Ribu

Gambar 22. Download Peta RBI Skala 1:25 Ribu

Untuk download Peta RBI pada skala 1:25 ribu, perbesar wilayah yang ingin Anda download sampai NLP terlihat. Klik bagian kiri mouse komputer Anda pada bagian NLP yang hendak diunduh (download) (ditunjukkan oleh angka 50 pada Gambar 22), hingga muncul kotak dialog link download data tersebut (ditunjukkan oleh angka 51 pada Gambar 22). Klik link download tersebut, hingga tampil kotak dialog penyimpanan data. Pilih tombol radio Save File (ditunjukkan oleh angka 52 pada Gambar 22) untuk menyimpan data hasil download pada komputer kita, dan terakhir klik tombol OK (ditunjukkan oleh angka 53 pada Gambar 22), untuk memulai proses download.

Untuk pengunduhan (download) data Peta RBI skala 1:50 ribu, tampilannya sama dengan tampilan pengunduhan (download) data Peta RBI skala 1:25 ribu.

Hampir semua wilayah di Indonesia ter-cover oleh Peta RBI skala 1:50 ribu, terkecuali wilayah Pulau Jawa, Bali, NTT, dan NTB, yang sudah ter-cover oleh Peta RBI skala 1:25 ribu yang lebih detail.

Peta RBI Siap Cetak Skala 50 Ribu

Gambar 23. Tampilan Halaman Download Peta RBI Skala 1:50 Ribu

Untuk pengunduhan (download) data Peta RBI skala 1:100 ribu, tampilannya sama dengan tampilan pengunduhan (download) data Peta RBI skala 1:10 ribu.

Peta RBI skala 1:100 ribu hanya tersedia untuk wilayah Pulau Papua, seperti ditunjukkan gambar di bawah ini:

Peta RBI Siap Cetak Skala 100 Ribu

Gambar 24. Tampilan Halaman Download Peta RBI Skala 1:100 Ribu

Untuk mengunduh (download) Peta RBI yang tersedia, kita tinggal klik tombol Download Peta (ditunjukkan pada area yang ditandai warna orange pada Gambar 24).

Dan yang terakhir yaitu Peta RBI skala 1:250 ribu, yang tampilannya sama dengan tampilan pengunduhan (download) data Peta RBI skala 1:25 ribu dan 1:50 ribu.

Semua wilayah di Indonesia ter-cover oleh Peta RBI skala 1:250 ribu, seperti ditunjukkan oleh gambar di bawah ini:

Peta RBI Siap Cetak Skala 250 Ribu

Gambar 25. Tampilan Halaman Download Peta RBI Skala 1:250 Ribu

Sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat terutamanya bagi Anda yang sedang mencari data Peta RBI. Sampai jumpa pada postingan kami selanjutnya. Insya Allah.

POSTINGAN MENARIK LAINNYA:

1). Paru-Paru Dunia Terbakar Hebat

2). Satelit Pesaing WorldView-3 Siap Meluncur, Sehari Bisa Merekam Sampai 2 Juta Kilometer Persegi

3). Citra Satelit Analisis Keberadaan Kim Jong Un

4). Kota Ini Sekarang Bak Kota Hantu. Sepinya Dapat Dilihat dari Citra Satelit

5). DEM Gratis dari ESA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: