Leave a comment

Citra Satelit Untuk Konservasi

Citra satelit memberikan gambaran permukaan bumi apa adanya – tanpa filter dan tanpa sensor. Dengan data citra satelit, seseorang atau sebuah perusahaan tidak dapat menyembunyikan apa yang telah dilakukan-nya terhadap bumi ini, termasuk kegiatan merusak kawasan hutan yang menjadi habitat satwa liar seperti Harimau Sumatera.

Dengan data citra satelit juga, Harimau Sumatera ini bisa terselamatkan, bagaimana cara-nya?. berikut uraian lengkap-nya :

Menyelamatkan Harimau Sumatera dengan Citra Satelit

Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) merupakan salah satu satwa liar yang saat ini terancam punah, hal tersebut seiring dengan semakin menurunnya populasi satwa tersebut. Tercatat saat ini, kurang dari 400 ekor Harimau Sumatera yang masih berada di alam bebas, berkurang lebih dari 600 ekor dibandingkan tahun 1970-an. Menurunnya populasi Harimau Sumatera ini, salah satu faktor utamanya disebabkan oleh rusak-nya habitat mereka yaitu hutan konservasi yang lahan-lahannya telah banyak beralih fungsi menjadi lahan-lahan perkebunan, seperti perkebunan kelapa sawit.

Kerusakan habitat Harimau Sumatera dari tahun 2009 sampai dengan 2011 mencapai 2/3 dari luas awal lahan yang merupakan habitat Harimau Sumatera. Hal tersebut dapat diketahui melalui data citra satelit resolusi tinggi yang menunjukkan bahwa banyak area pada hutan konservasi yang telah berubah menjadi lahan-lahan perkebunan, seperti contoh kecil-nya ditunjukkan gambar di bawah ini :

Perkebunan Kelapa Sawit di Sumatera (Image Copyright : DigitalGlobe)

Perkebunan Kelapa Sawit di Sumatera
(Image Copyright : DigitalGlobe)

Gambar diatas merupakan data citra satelit resolusi tinggi dari DigitalGlobe yang memperlihatkan salah satu lahan perkebunan yang merupakan hasil pembukaan lahan pada kawasan hutan konservasi yang merupakan habitat Harimau Sumatera. Pada bagian kiri bawah, terlihat bahwa area tersebut merupakan area bersih hasil pembukaan lahan yang belum ditanami pohon kelapa sawit, kemudian pada bagian kiri atas dan kanan bawah merupakan pohon kelapa sawit yang sudah dewasa, sedangkan pada bagian tengah atas merupakan area yang baru ditanami pohon kelapa sawit.

Rusak-nya habitat Harimau Sumatera tersebut menyebabkan banyak harimau dan satwa liar lainnya yang mulai masuk ke kawasan pemukiman penduduk untuk mencari makanan. Dan hal tersebut tentu saja sangat berbahaya bagi manusia itu sendiri dan juga bagi kelangsungan hidup dari satwa-satwa liar tersebut.

Kesimpulan :

Disini terlihat bahwa data citra satelit resolusi tinggi dapat digunakan sebagai informasi yang sangat efisien, dimana tanpa harus terjun langsung ke lapangan, kita dapat mengetahui area mana saja yang telah beralih fungsi serta seberapa luas perubahannya, sehingga dari informasi tersebut dapat menjadi masukan yang berarti untuk mengambil kebijakan terkait area mana saja pada hutan konservasi yang harus diperbaiki dan dikembalikan fungsi utamanya sebagai habitat bagi Harimau Sumatera dan satwa liar lain-nya, sehingga satwa yang terancam punah seperti Harimau Sumatera ini dapat terselamatkan.

Referensi :

http://regional.kompas.com/read/2011/09/28/2101316/Habitat.Harimau.Sumatera.Rusak
http://www.dw.de/rusaknya-habitat-harimau-sumatera/a-4089486-1
http://jambi.antaranews.com/berita/302191/wwf-habitat-harimau-rusak-akibat-penebangan-hutan-oleh-app
http://www.tn-babul.org/index.php?option=com_content&view=article&id=371%3Agreenpeace-ajak-selamatkan-habitat-harimau-sumatera&catid=70%3Aberita&Itemid=198
http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/07/lima-fakta-tentang-harimau-sumatra
http://news.nationalgeographic.com/news/2014/01/140119-open-landscape-partnership-platform-satellite-conservation-tigers/?now=2014-01-16-00:01&sf21933714=1
http://www.savesumatra.org/index.php/newspublications/pressdetail/4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: