2 Comments

Cloud Remove & Colour Balancing

Citra satelit yang ideal-nya untuk dipesan yaitu citra satelit yang mempunyai tingkat tutupan awan (awan tebal maupun haze) yang sangat rendah atau bahkan bebas awan sama sekali, yang disertai dengan tingkat sudut perekaman (offnadir) dari citra satelit tersebut yang juga rendah. Dengan tingkat tutupan awan yang rendah atau tidak ada awan sama sekali, kita dapat melihat keseluruhan obyek-obyek yang terdapat pada citra satelit sehingga kita mendapatkan informasi seutuhnya yang kita inginkan dari data citra satelit tersebut. Namun terkadang data citra satelit yang ingin dipesan tidak selalu dalam kondisi ideal yang kita inginkan, seperti tingkat tutupan awan dari citra satelit tersebut terlalu besar sehingga sebagian besar obyek-obyek tidak dapat diidentifikasi. Untuk menyiasati hal tersebut, dapat dilakukan proses cloud remove pada data citra satelit tersebut.

Cloud remove merupakan proses menghilangkan awan beserta dengan bayangannya dengan cara menggantikan awan yang terdapat pada sebuah data citra satelit dengan data citra satelit lain yang bebas awan pada area tersebut. Sebagai ilustrasi dari proses cloud remove ini, dapat dilihat pada gambar-gambar dibawah ini :

Jual Data Citra Satelit WorldView-2 Beserta Pengolahannya

Gambar 1. Data Citra Satelit Utama – Citra Satelit WV-02

Citra satelit yang ingin dibeli dan diolah adalah data citra satelit WorldView-2 wilayah Penajam – Kalimantan Timur yang memiliki tanggal perekaman yang masih “muda” yaitu tanggal perekaman 21 Januari 2013. Akan tetapi data citra satelit ini memiliki tutupan awan yang cukup massif pada bagian atas-nya.

Jual Citra Satelit WorldView-2 Beserta Pengolahannya

Gambar 2. Area Bagian Atas Dari Data Citra Satelit Yang Banyak Tertutup Awan

Untuk menghilangkan awan-awan beserta bayangannya tersebut, digunakan data citra satelit pengganti yaitu citra satelit QuickBird tanggal perekaman 08 Maret 2010 yang relatif bebas awan pada area bagian atas-nya.

Jual Citra Satelit QuickBird Beserta Pengolahannya

Gambar 3. Data Citra Satelit Pengganti – Citra Satelit QuickBird

Proses cloud remove ini dapat dilakukan setelah sebelumnya dilakukan proses rektifikasi/orthorektifikasi map to map, dimana salah satu data citra satelit yang telah terkoreksi secara geometris dengan baik, dijadikan acuan bagi data citra satelit yang lain, sehingga nantinya obyek-obyek antara data citra satelit utama dengan data citra satelit pengganti tidak geser.

Selain itu pada proses cloud remove ini juga kami memperhatikan perubahan penggunaan lahan yang terjadi diantara data citra satelit utama dengan data citra satelit pengganti. Jika misalnya pada sebuah area pada data citra satelit utama telah berdiri perumahan penduduk sedangkan pada area tersebut pada data citra satelit pengganti (yang mempunyai usia perekaman lebih lawas) masih berupa lahan terbuka, maka perumahan penduduk di area tersebut pada data citra satelit utama tidak dihilangkan walaupun sebenarnya tertutupi bayangan awan yang hitam atau tertutup oleh haze (awan/kabut tipis). Selama obyek yang tertutup bayangan hitam atau haze tersebut masih dapat diidentifikasi maka obyek tersebut tidak diganti oleh obyek lain pada data citra satelit pengganti, walau secara estetika jika obyek tersebut diganti oleh obyek pada data citra satelit pengganti akan terlihat lebih baik karena bebas dari bayangan awan atau haze.

Hasil dari proses cloud remove dari data citra satelit WorldView-2 tanggal perekaman 21 Januari 2013 oleh data citra satelit QuickBird tanggal perekaman 08 Maret 2010 dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Jual Citra Satelit DigitalGlobe Beserta Pengolahannya

Gambar 4. Preview Cloud Remove
Klik Pada Gambar Untuk Memperbesar Ukuran Gambar

Gambar 4 diatas memperlihatkan bagaimana awan beserta bayangan awan pada data citra satelit WV-02 yang merupakan data citra satelit yang utama dihilangkan kemudian diganti oleh data citra satelit QuickBird dan menghasilkan data citra satelit gabungan yang relatif lebih bebas awan.

Pada gambar 4 diatas juga diperlihatkan baik data citra satelit utama dan data citra satelit pengganti telah dilakukan proses enhance (perbaikan dan penajaman kontras warna) serta proses colour balancing. Colour balancing merupakan proses menyamakan warna antar data citra satelit penyusun sebuah wilayah sehingga hasil akhir data citra satelit gabungan mempunyai warna yang selaras.

Dan berikut ini gambar animasi sebelum dan sesudah proses cloud remove dan colour balancing  di salah satu area pada citra satelit :

 photo 5_zps32f05721.gif

Gambar 5. Sebelum dan Sesudah Proses Cloud Remove & Colour Balancing
(Klik Pada Gambar Untuk Memperbesar Ukuran Gambar)

Contoh lain, kami sajikan perbedaan antara data sebelum pengolahan dengan sesudah pengolahan (cloud remove dan colour balancing) antara data citra satelit WorldVIew-1 dengan WorldView-2 wilayah Merangin – Jambi :

Data Original Citra Satelit WorldView-1 & WorldView-2 Wilayah Merangin - Jambi

Gambar 6. Data Original Citra Satelit WorldView-1 & WorldView-2 Wilayah Merangin – Jambi

Gambar 7. Data Olahan Citra Satelit WorldView-1 & WorldView-2 Wilayah Merangin - Jambi

Gambar 7. Data Olahan Citra Satelit WorldView-1 & WorldView-2 Wilayah Merangin – Jambi

2 comments on “Cloud Remove & Colour Balancing

  1. Mas. Boleh tau cara atau langkah langkah menghilangkan awan tersebut untuk landsat 8?

  2. Mas. Boleh tau cara atau langkah langkah menghilangkan awan tersebut untuk landsat 7?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: